Syarat Hewan Untuk Aqiqah

SYARAT HEWAN AQIQAH

Syarat hewan yang diperlukan untuk Aqiqah merupakan dari type kambing atau domba. Tipe kelaminnya jantan atau betina tidak masalah yang penting sehat, tidak cacat dan sudah dewasa. Sebaiknya memang mencari hewan Aqiqah yang sempurnah seperti yang dicontohkan nabi besar Muhammad SAW kala laksanakan Aqiqah, yaitu kambing jantan yang sehat dan tidak cacat. Namun begitu demi menjaga keragu-raguan umatnya dalam menentukan kategori kambing maka nabi SAW bersabda yang di riwayatkan oleh Ashhabus Sunan yang artinya seperti di bawah ini :

“Untuk anak pria dua kambing, dan untuk anak perempuan satu kambing, dan tidak memudharati kalian apakah kambing-kambing tersebut jantan atau betina.” (HR. Ashhabus Sunan, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany).

Lantaran di beri keringanan seperti itu, terkadang orang masih salah persepsi dan memilih hewan Aqiqah sesuka hati. Yang penting kambing bisa utk Aqiqah, itu tidak benar. Berikut ini ialah jenis-jenis kambing yang sebaiknya di gunakan untuk hewan Aqiqah.

JENIS & SYARAT HEWAN UNTUK AQIQAH

Type hewan yang diperlukan utk Aqiqah yaitu dari jenis hewan mamalia kecil seperti kambing, domba dan biri-biri.
Kategori kelamin kambing utk Aqiqah bisa berjenis kelamin jantan atau betina sama saja dan tidak ada masalah, berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari jalan Ummu Kurz, “….tidak mudharat bagi kamu apakah kambing laki-laki atau kambing perempuan…”
Umur kambing untuk aqiqah itu sendiri dikiaskan dengan umur kambing qurban, yaitu : Untuk domba atau biri-biri cukup satu thn atau kurang sedikit; Buat kambing biasa umurnya cukup dua thn dan masuk tahun ketiga; Sifat dan penampilan kambing untuk Aqiqah sebaiknya tidak jauh tidak serupa kambing qurban yakni kambing yang sehat dan bagus, bukan kambing yang cacat dan sakit.

0 Response to "Syarat Hewan Untuk Aqiqah"

Posting Komentar